Thursday, June 2, 2011

10 kota yang hilang di dunia

Kota-kota ini dulunya sangat terkenal. Namun kota ini secara resmi telah dinyatakan hilang, tinggal meninggalkan puing-puing secara fisik dan catatan sejarah yang dikenang sepanjang masa.
Boleh saja Tsunami menenggelamkan beberapa pulau dan kota di Jepang. Tapi saya yakin, Jepang akan bangkit untuk memperbaiki infrastrukturnya sehingga kota-kota yang sementara ini hancur tidak akan hilang.
Berikut ini daftar top ten kota yang hilang di dunia, baik akibat gempa ataupun akibat ulah manusia sendiri. Kota ini hanya meninggalkan catatan sejarah saja karena tidak ada yang membangun kembali (frozenly.com).

Akrotiri
akrotiri kota yang hilang
Kota ini dulunya dicatat sebagai kota besar di jaman perunggu, sekitar 1500 SM. Namun sebuah letusan gunung berapi yang sangat dahsyat menenggelamkan seluruh wilayahnya.  Beberapa peninggalannya masih bisa ditemukan di pulau Santorini, Yunani, berupa lukisan dinding dan keramik. Akrotiri dianggap sebagai bagian dari legenda Atlantis.

Babel, Taman Gantung Babilonia
babel taman gantung kota yang hilang
Banyak catatan sejarah mencatat Taman Gantung Babilonia sebagai sebuah kerajaan yang indah. Sejarawan Herodotus mengisahkannya sebagai sebuah kota dengan taman gantung yang tiada duanya.

Troy
troy kota yang hilang
Seperti halnya Akrotiri, Babel dan Atlantis, kota keberadaan Troy masih menjadi misteri. Banyak legenda mengisahkan tentang kota yang sangat kaya ini dengan bangunan istana metrópolis dan harta karun yang tersembunyi.

Angkor
angkor kota yang hilang
Kota ini ditemukan kembali oleh seorang penjelajah asal Perancis, Henri Mouhot, 140 tahun yang lalu. Terletak di hutan lebat Kamboja dengan menyisakan bangunan-bangunan indah.

Kuelap
kuelap kota yang hilang
Kota ini ditemukan di Peru bagian utara, tersembunyi di tengah hutan dengan dinding kokoh yang masih berdiri. Konon kota ini berumur lebih tua dari peninggalan Inca.

Tikal
tikal kota yang hilang
Kota ini secara misterius ditinggalkan oleh lebih dari 90.000 penduduknya sekitar tahun 900 Masehi. Dikenal sebagai ibukota peradaban suku Maya yang terdiri dari 4000 bangunan yang akhirnya ditelan oleh keganasan hutan selama lebih dari 1000 tahun.

Carthage
carthage kota yang hilang
Kota ini mengalami kehancuran dua kali dalam perang, pertama oleh Roma selama perang Punic di tahun 146 SM, kemudian oleh  Arab di tahun 698 SM. Sekarang, sisa-sisa peninggalannya masih tersebar di seluruh Byrsa Hill di Tunisia.

Oradour-sur-Glane
oradur sur glane kota yang hilang
Tidak seperti kota-kota kuno lainnya di atas, kota di Perancis ini tidak pernah menghilang.  Namun Oradour merupakan saksi pembantaian Nazi terhadap penduduk setempat selama Perang Dunia II, di mana total 624 penduduk dibunuh pada tanggal 10 Juni 1944. Kemudian kota itu diratakan dengan tanah dan ditinggalkan sampai hari ini. Beberapa acara memorial masih sering diadakan di tempat ini.

Petra
petra kota yang hilang
Yang tersisa dari kota ini ketika ditemukan adalah sekitar lebih dari 1.000 makam, sebuah altar kurban dan biara. Sementara beberapa mata air masih mengalir di sekitar kota dan menjadi sumber penghidupan penduduk.

Machu Picchu
machu picchu kota yang hilang
Kota ini menjadi simbol kebesaran kerajaan Inca. Namun seiring kehancuran Inca sejak 1530-an, kota ini mulai ditinggalkan dan dinyatakan hilang. Penjelajah Amerika, Hiram Bingham, akhirnya menemukan kembali kota ini dalam pencariannya akan kebesaran suku Inca di tahun 1911.

Link artikel ini: 

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top