Thursday, June 2, 2011

10 Gedung Pencakar Langit Teraneh seDunia

Top Ten Gedung Pencakar Langit Teraneh seDunia

Di jaman komputerisasi sekarang ini, orang mulai berpikir untuk membuat bangunan ke atas. Harga tanah yang semakin mahal merupakan salah satu faktor penyebabnya. Mereka berlomba-lomba membuat bangunan pencakar langit, semakin tinggi (mungkin) semakin baik dengan desain arsitektur yang aneh-aneh. Bahkan di Dubai ada restauran yang tercatat sebagai yang tertinggi di dunia.

Berikut ini adalah top ten gedung pencakar langit teraneh sedunia (telegraph.co.uk).

dumbo bangkok gedung pencakar langit aneh
Bangunan tinggi yang menjulang di langit kota Bangkok ini mirip dengan gajah raksasa, lengkap dengan mata dan sepasang gading. Gajah merupakan salah satu binatang kebanggaan di Thailand.

robot united overseas bank gedung pencakar langit aneh
Bangunan milik United Overseas Bank di Bangkok ini difungsikan sejak 1986. Alih-alih ingin membentuk desain 'robot' bangunan ini jadi tampak aneh.

koala hongkong lippo center gedung pencakar langit aneh
Dikenal dengan gedung 'koala', gedung milik Hongkong Lippo Center ini mulai digunakan tahun 1988 dengan tinggi 186 meter. Pada foto di atas tampak kedua gedung sedang dipeluk oleh koala.

fuji tokyo gedung pencakar langit aneh
Menara Fuji di Tokyo ini memiliki bentuk (sedikit dipaksakan) futuristik dengan bola perak berdiameter 32 meter. Setiap hari kerja kita bisa melihat lautan mobil-mobil parkir di depan menara ini. 

genex brutalist gedung pencakar langit aneh
Tower yang dikenal dengan nama 'The Genex Brutalist' ini merupakan pintu gerbang kota Serbia untuk menyambut mereka yang baru tiba dari airport Belgrade Nikola Tesla. Terdiri dari 2 menara beton setinggi 115m, lengkap dengan restauran 360 derajat di puncaknya.

mont luis perancis gedung pencakar langit aneh
Gedung pembangkit tenaga matahari terbesar di dunia ini dibuka pada tahun 1970 terletak di Mont Louis, Perancis. memiliki cermin dengan disain melengkung untuk menyerap energi surya. 

zizkov praha gedung pencakar langit aneh
Menara Zizkov di Praha, Uni Soviet ini merupakan salah satu menara televisi terkenal di dunia. Diresmikan tahun 2000 dengan tinggi mencapai 216 m. Pada foto tampak 'patung bayi' yang sedang merangkak ke atas, patung ini diciptakan oleh seniman patung asal Ceko, David Cerny. Menara Zizkov juga merupakan menara peringatan 'perang pink Soviet'.

central tv cina gedung pencakar langit aneh
Bangunan berbentuk 'celana boxer' ini merupakan kantor pusat Central TV Cina di kota Beijing. Bangunan setinggi 234 m ini diresmikan tahun 2009, letaknya bersebelahan dengan Hotel Mandarin.

nagakin kapsul gedung pencakar langit aneh
Tahun 1972 Tokyo meresmikan bangunan bernama 'The Nagakin Kapsul'. Bangunan ini merupakan apartmen berlantai 14 dan terdiri dari 140 kamar berbentuk kapsul yang seolah-olah ditumpuk satu dengan lainnya.

ryugyong pyongyang gedung pencakar langit aneh
Gedung Ryugyong setinggi 330 m ini terletak di kota Pyongyang. Awalnya Ryugyong adalah bangunan hotel, namun hingga sekarang belum kelar karena masalah pendanaan. Mengisi bangunan yang kosong, maka dipasanglah panel kaca di tengah-tengah gedung. Gedung ini bisa dilihat dari segala penjuru di Pyongyang, hanya saja belum tercantum di peta resmi, karena dianggap belum selesai. 

rumah kayu arkhangelsk rusia gedung pencakar langit aneh
Bangunan kayu ini terletak di kota Arkhangelsk, Rusia. Dulunya merupakan rumah kayu tertinggi di dunia. Bangunan kayu yang seolah dibuat asal-asalan ini memiliki 12 lantai. Namun oleh pemiliknya, bangunan ini dibongkar tahun 2008.

Link artikel ini:
http://cahayaku-cahayamu.blogspot.com/2011/02/top-ten-gedung-pencakar-langit-teraneh.html

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top