Saturday, February 26, 2011

Dibalik Ketenaran ARTAV Antivirus



 http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTZ2Lv-ZPKIaWVUnftkZSkC0dTre5dy03ISEJPdg2rxuDf-OLjJqA 
Tahukah kalian ARTAV-IS ? yakni Anti Virus sekaligus Internet Security yang katanya dibikin oleh bocah kelas 2 SMP 48 Bandung bernama Arrival Dwi Sentosa. Stelah munculnya AV ini , progamer dan pecinta software komputer sempat dihebohkan dengannya. Namun tidak disangka ternyata dibalik oengakuan "AV bikinan bocah kelas 2 SMP" ini banyak sekali kejanggalan-kejanggalan yang membuat kebohongan publik.

Sekian lama ini saya sering mencari di Google apa dibalik sebuah ARTAV ani virus ini ??? Dan ternyata saya menemukan Berita dari detiknews dan banyak juga thread-thread di forum yang menguak kebohongan bocah ini.

Isinya : Jakarta - Artav, anti virus besutan bocah kelas 2 SMP, sempat dituding menjiplak kode aplikasi anti virus lain. Sang pembuat, yang masih doyan main game dan internetan tersebut, pun mengakui dan meminta maaf atas perbuatannya.

"Sebelumnya Saya Minta maaf jika pada ARTAV Antivirus saya tidak mencantumkan credit title Moh Aly Shodiqin (Pembuat al Virus Scan) dalam ARTAV Antivirus saya menggunakan Fitur Quarantine, Registry Tweak dan Sound Warning dari al Virus Scan," tulis Arrival Dwi Sentosa, dalam situsnya.

Jika ditilik lebih dalam, memang terdapat beberapa persamaan antara anti virus Artav dengan Al Virus scan. Mulai dari sistem notifikasinya, sistem scanning, quarantine, dan registry tweak. Hanya saja, Artav memiliki tampilan yang lebih bersahabat dengan icon yang lucu.

Ketika disambangi detikINET, Kamis (17/2/2011), bocah yang akrab disapa Ival itu, berjanji untuk memperbaiki kesalahannya dengan menampilkan nama pembuat kode pada versi Artav selanjutnya.

"Nanti di versi ARTAV Antivirus yang terbaru akan saya cantumkan credit title Moh Aly Shodiqin (Pembuat al Virus Scan) di Program ARTAV. Sekali lagi saya berterimakasih pada Moh Aly Shodiqin yang sudah memberikan izin fitur quarantine dan support kepada saya untuk tetap mengembangkan ARTAV Antivirus ini," tulis Ival.

Sebelumnya, bocah pelajar SMP Negeri 48 Bandung ini mengaku bahwa ia dan kakaknya bekerjasama membuat Artav.

"Saya yang membuat programnya, kakak yang membuat desainnya. Saya tidak bisa mendesain. Desain Artav saat ini kakak yang membuatnya. Bagus ngga?," katanya, kepada detikINET beberapa waktu lalu.
Isinya : Jakarta - Artav, terbukti menggunakan source code dari software lain bertajuk Al Antivirus. Pun demikian, kedua aplikasi tersebut menggunakan engine hasil keroyokan dari berbagai programmer di seluruh dunia.

Dalam dunia open source memang mengizinkan para programmer untuk memodifikasi aplikasi tertentu agar memiliki fungsi atau tampilan yang lebih baik. Namun tetap saja, ada aturan main yang wajib dilakukan sebelum memodifikasi suatu aplikasi. Seperti pencantuman nama pembuat terdahulu.

"Di Al VirusScan sudah ada credit-nya, jadi yang bukan milik ane tak kasih credit ke pembuat kodenya,. Karena memang seperti itu etikanya," ujar Moh Aly Shodiqin, pembesut Al VirusScan

Artav adalah salah satu contoh aplikasi yang dikembangkan berdasarkan Al Antivirus yang bersifat open source. Namun yang disayangkan adalah, sang pembuat tidak mencantumkan nama engine atau pemilik kode sebelumnya.

Ketika membuat Al VirusScan, Shodiqin pun mengaku tidak membuat dari nol, ia mengkombinasikan beberapa kode dan engine dari aplikasi lainnya yang juga bersifat open source.

"(Sumbernya) hampir dari seluruh dunia, tapi engine-nya Al VirusScan based on Avigen3 dari founder VBBego yakni Mas Puji," tambah Shodiqin, kepada detikINET, Kamis (17/2/2011).

Meski dibuat bedasarkan engine yang sudah ada, namun Shodiqin terbilang melakukan perubahan yang cukup besar di Al VirusScan. Seperti mengembangkan engine yang sudah ada, fungsi quarantine, restore dan lainnya. ( eno / wsh ).

Kemudian ada lagi dari : http://www.kaskus.us/member.php?u=2558334 
Isinya :
 
About Al-antivirus :
--------------------------------------------------
Al-antivirus adalah antivirus indonesia Open Source dan FREE SOURCE CODE
yang bisa di download Source Code yang di posting di
Planet Source Code 
Dan bisa ente download
 DISINI
--------------------------------------------------


Udah liat kan ? ada beberapa ke samaan sama Artav ?

masih engga percaya ? ayo kita perdalam
.

1. Fitur

 


2. Sistem Scan

 
Tweak Registry

3.Proses Scanning

 

4. Warning Sound 
Ketika Al-virus mendeteksi ada nya virus , maka akan berbunti seperti tembakan
Hal ini sama juga seperti artav
 

6. Yang paling ketahuan dibagian DATABASE 


Sungguh memalukan.

Sangat mengecewakan bukan ? Anda para Pembaca merasa kecewa ? Saya pun sangat merasa kecewa ddengan adanya berita ini. 

Sumber : Arif Budi Prasetyo www.kabaraja.co.cc

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top