Sunday, August 28, 2011

AS Desak China Beri Kebebasan Blogger

Amerika Serikat mendesak China, Kamis (11/9/2011), agar mengembalikan kebebasan seorang blogger Ran Yunfei (43) sehari setelah dia diperbolehkan meninggalkan penjara. Meski telah keluar dari tahanan, selama enam bulan ke depan Ran masih tetap dikenai "tahanan rumah", dan hal itu diprotes AS.           
Ran ditahan pada 20 Februari atas tuduhan "menyulut subversi". Saat itu, melalui situs sosial di dunia maya, dia mengajak seluruh rakyat Chian bergabung dalam protes antipemerintah. Dia merujuk aksi protes yang telah menggelorakan kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, yang ditandai tumbangnya rezim di Tunisia dan Mesir.           
Penulis berusia 43 tahun itu adalah salah satu dari puluhan penulis dan aktivis yang ditahan Beijing karena  kegiatannya dinilai mengancam supremasi tunggal Partai Komunis yang berkuasa. Pada hari Rabu, Ran telah diperbolehkan pulang ke rumahnya setelah menjalani tahanan. Meski demikian, selama enam bulan dia kenai tahanan rumah.           
"Kami mendesak Pemerintah China agar sepenuhnya mengembalikan lagi kebebasan pribadi Ran Yunfei. Dia harus diperlukan sesuai dengan komitmen China di bawah Deklarasi Hak Asasi Manusia Universal," kata juru bicara Kedutaan AS di Beijing.           
Sikap AS itu muncul beberapa hari sebelum Wakil Presiden AS Joseph Biden akan mengunjungi Chengdu. Biden dijadwalkan akan mengunjungi kota kelahiran Ran itu pada  20-21 Agustus. Dia akan datang bersama Duta Besar AS yang baru untuk China, Gary Locke.           
Pada hari Selasa, artis China, Ai Weiwei, seorang kritikus terkemuka terhadap pemimpin Komunis China dan aksinya didukung para diplomatik AS, menggunakan Twitter untuk memohon dukungan bagi Ran dan aktivis HAM, Wang Linhong.         Wang, seorang wanita berusia 56 tahun, diseret ke pengadilan di Beijing pada Jumat besok dengan dakwaan "menciptakan gangguan" pada Maret ketika dia bersama tiga aktivis lain memprotes di luar pengadilan di Fuzhou, kota di China selatan.

http://internasional.kompas.com/read/2011/08/11/16281692/AS.Desak.China.Beri.Kebebasan.Blogger

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top