Sunday, August 28, 2011

CALON PENERIMA BEASISWA PROGRAM BEASISWA S2 LUAR NEGERI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA TAHUN 2011 Tifatul: Skype dan BBM Bisa Disadap

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, mengatakan bahwa Skype bukanlah teknologi yang aman dari penyadapan. Teknologi Skype ini pernah digunakan Nazaruddin dalam pelarian, ketika ia diwawancarai Iwan Piliang dari Presstalk.

Komunikasi lewat media, termasuk Skype itulah, yang menurut Kapolri Jenderal Timur Pradopo, membuat Nazaruddin relatif mudah terlacak dibanding buron lainnya seperti Nunun Nurbaeti. "Secara teknis, Skype bisa disadap," kata Tifatul di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin 15 Agustus 2011.

Tak hanya Skype, BlackBerry Messenger (BBM) pun, menurut Tifatul bisa disadap. Ia lantas mencontohkan BBM Mindo Rosalina Manulang, terdakwa kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games, yang disadap. "Orang bilang BBM Rosa aman. Tapi ternyata bisa dikloning," kata Menkominfo.
Mantan Presiden PKS itu menegaskan, saat ini tidak ada teknologi yang benar-benar aman dari kebocoran. Ia menyatakan, perkembangan teknologi baru akan selalu diikuti oleh penciptaan teknologi lain yang lebih baru, yang dapat menerobos teknologi baru itu.

"Tinggal cara menerobos teknologi itu legal atau ilegal. Itu yang harus diperhatikan," kata Tifatul. Ia menambahkan, pada prinsipnya, membuka hak komunikasi seseorang adalah melanggar hak asazi yang tertera dalam UU No. 32 Tahun 1999. Oleh karena itu, Tifatul berpesan agar semua pihak lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan teknologi.
Ilustrasi BlackBerry Messenger (businessreviewonline.com)
sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/240716-tifatul--skype-dan-bbm-bisa-disadap

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top