Sunday, August 28, 2011

Streaming Pengamatan Hilal 1 Ramadhan & 1 Syawal 1432H

Apa Itu Hilal?
Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada  kalender Hijriah. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh penampakan hilal.
Tayang Langsung
Tayang-langsung ini tidak dimaksudkan untuk menjamin bahwa hilal dapat dilihat. Demikian halnya, tidak digunakan untuk menilai apakah peralatan pendukung memiliki kemampuan atau tidak untuk melihat hilal yang rendah ketinggiannya dari ufuk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penampakan hilal. Salah satunya adalah keadaan cuaca pada arah pandang ke Bulan/hilal. Kondisi cuaca berperan penting pada kualitas hasil penampakan hilal.
Proses tayang-langsung ini dilakukan dengan sebenarnya seperti apa yang tampak di langit. Hal ini multak dilakukan guna menjamin tersampaikannya informasi hilal secara utuh kepada masyarakat.
Melalui tayang-langsung ini diharapkan akan terjadi peningkatan apresiasi masyarakat seputar hilal melalui penyebarluasan informasi. Masyarakat dapat ikut serta mengikuti, memahami, dan menyikapi informasi seputar hilal melalui berbagai media yang tersedia.
Streaming Hilal
Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha – FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui halaman web ini. Pelaksanaan pengamatan hilal tahun ini didukung juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kementerian Agama, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Rukyatul Hilal Indonesia, Universitas Mataram, Universitas Hasanuddin, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Lampung dan LAPAN. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.
Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional.
Kegiatan Pengamatan Hilal
Kegiatan ini memberikan informasi Hilal tahun 2011, berupa Relay Video Streaming Hilal Ramadhan dan Syawal dari Website Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang diterima dari beberapa titik lokasi pengamatan  di Indonesia:
  1. Lhoknga, Aceh
  2. UIN Suska, Pekanbaru, Riau
  3. Dermaga TPI Perkemas Kalianda, Lampung
  4. UPI Bandung, Jabar
  5. Observatorium Bosscha Lembang, Bandung, Jabar (Information Center)
  6. SPD Lapan Pameungpeuk, Jabar
  7. Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jabar (1 Syawal 1432H)
  8. Bukit Bela Belu, D.I. Yogyakarta
  9. Denpasar, Bali
  10. Mataram, NTB
  11. Kupang, NTT
  12. SPD Lapan Pontianak, Kalbar
  13. Makassar, Sulser
  14. SPD Lapan Biak, Papua
http://hilal.kominfo.go.id/?q=node/108

0 comments

Posts a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2011 My Dreams
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top